Senin, 12 April 2010

Tips Komputer mati total ( biar hidup kembali )


Wah wah..... repot juga y kalo komputer mati total...... tapi bagi para tukang service katanya malah enak kalo ada pelanggan yang bawa komputernya dalam keadaan mati total, katanya gampang trobelshoot nya..tapi kalo komputer lo mati total coba nih beberapa tips dari Gw :

* lo cek dulu semua sistem perkabelan, dari mulai stop kontak, trus kabel power,trus output dari power suplay, lo cek semuanya and lo pastiin semua terpasang kencang and tidak ada kabel yang bocor atau luka, atau kalo perlu lo cek juga tuh meteran lo, siapa tahu cuma turun atau lagi mati lampu. kan kalo MCB nya turun tinggal lo naikin aje (gampangkan)
* udah nyala belom??? kalo belom coba lo bersihin tuh daleman cpu lo, bisa pake alkohol atau bisa juga cuma pake kuas atau kompressor. kalo pake alkohol lo keringin dulu sampe bner-bener kering.
* kalo semua kabel udah rapi and semua OK, lo cek arus yang masuk pake tester mulai dari output power supplay, nah kalo di output power supply gax ada arus berarti masalah ada di power supply. trus lo bongkar tu power supply, trus lo perhatikan komponennya baik-baik, kalo ada yang cacat, atau tidak normal coba dweh lo ganti tu komponen, tapi speknya harus sama ya bro.
* kalo semua arus dan tegangan OK, kita lanjutkan ke tahap berikutnya.
* nah yang ini mungkin spele tapi fatal banget, coba lo cek swich yang ada di body CPU bagian depan..... swich itu apa mas?? itu loh tombol yang lo sering pencet kalo mau ngidupin komputer. coba lo potong kabe yang menuju ke swich itu, trus lo kupas dua-duanya, nah skarang lo tempelin kedua kabel tadi kira-kira 1 sampe 2 detik, trus lo lepas lagi. kalo ada tanda - tanda kehidupan(led nyala, semua fan menyala), nah berarti masalahnya ada di situ. lo tinggal ganti aja swichnya.
* masih gax nyala juga????brarti masalah bukan di swich, lo sambung lagi deh kabel yang tadi seperti semula.... yo wis sekarang kita cek motherbord nya, coba deh lo reset bios lo. caranya gini nih, lo liat dulu gambar ini:

* caranya di jumper satu(jp 1) kan ada 3 pin yaitu 1 2 3, biasanya yang terpasang cuma dua, misal yang terpasang 1 dan 2, maka lo lepas tu jumper trus lo pasang lagi, tapi sekarang masangnya pin 2 dan 3. trus lo biarin selama kira kira 40 detik (lebih juga boleh kok). kalo udah lo pasang lagi seperti semula.
* whattt blum nyala juga?????? coba lo lepas batre CMOS lo diemin kira kira 1 menit. trus lo pasang lagi, kalo batrenya udah lama kira-kira 2 tahunan coba lo ganti dulu pake yang baru. coba abis itu nyalain komputer.
* kalo CPU udah nyala, hardisk,Cd-rom,atau dvd-rom udah bekerja tapi gax mau keluar ke monitor, lo cek prosesor lo mungkin kendor tuch..... atau kartu memory lo, atau VGA card lo. caranya lo cabut memory trus lo bersihin ujung memory(gane bergaris garis warna kuning) pake penghapus, trus lo pasang lagi di tempat yang tadi(jangan kebalik) atau lo masukin ke slot sebelahnya. Try this method to your VGA card.
* kalo masih belum keluar ke monitor juga berarti ada masalah sama prosessor,VGA,and memory. coba lo pake memory atau vga yang lain, kalo gax ada minjem aja dweh ama teman lo. kalo pake punya teman lo nyala berarti yang rusak tuh memory atau vga lo.
* kalo udah lo coba semua cara diatas tapi belom nyala juga berarti motherbord lo tuh yang rusak. tapi kalo belum yakin w saranin share dulu ama orang yang lebih ngerti.

Semoga tips ini bermanfaat buat lo semuanya..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar